Pencegahan

Pencegahan selalu dimulai dari keluarga, karenanya sebaiknya sejak dini orangtua memperhatikan beberapa tips berikut:

Bicaralah dengan jujur terhadap anak kita
Jangan menunda menanamkan pengertian tentang bahaya narkoba. Ajak anak untuk berani mengajukan pertanyaan tentang fakta-fakta narkoba dan diskusikan dengan jelas tentang fakta-fakta bagaimana narkoba akan menghancurkan kehidupan. Hapuskan semua persepsi yang salah, contoh persepsi yang salah: "semua orang minum(alkohol)" atau "ganja tidak berbahaya".

Bantulah anak kita agar percaya diri
Lihatlah semua potensi yang anak kita miliki dan katakan bahwa kita sebagai orangtua bangga akan dia. Jika anak kita membuat kesalahan, maka berikan kritik terhadap tindakan bukan jati diri anak kita. Dampingi anak-anak baik dalam saat-saat yang bahagia maupun pada saat mereka menghadapi masalah. Anak yang percaya diri cenderung tidak rentan jatuh dalam penggunaan narkoba.

Bantu anak kita membangun nilai-nilai moral yang kuat
Bicarakan tentang nilai-nilai moral yang benar. Ajarkan anak kita bagaimana mengambil keputusan berdasarkan nilai-nilai moral tersebut sehingga anak mengerti batasan antara yang benar dan yang salah.

Jadilah teladan yang baik
Jadilah teladan yang baik dengan tidak menggunakan narkoba itu sendiri. Orang tua adalah panutan pertama bagi anak.

Ajaklah anak untuk beraktifitas sehat dan kreatif
Berilah kesempatan dan ajurkan anak untuk aktif di olahraga, hobi-hobi positif, klub-klub ekstrakurikuler sekolah, dan aktifitas positif lainnya yang dapat menghilangkan kebosanan dan waktu luang berlebih. Dan yang juga penting, carilah aktifitas positif dimana anak dan orangtua bisa terlibat bersama-sama.

Ajarkan anak agar berani mengatakan "Tidak"
Ajarkan anak dengan tepat bagaimana menanggapi suatu ajakan menggunakan narkoba:
1. Ajukan pertanyaan ("apa ini?" "darimana anda mendapatnya?").
2. Tolak ajakan itu dengan tegas.
3. Tinggalkan orang yang mengajak menggunakan narkoba.

Ikut terlibat dalam lingkungan
Tingkatkan keperdulian terhadap lingkungan dimana kita tinggal dan beraktifitas. Pastikan lingkungan kita bebas dari penggunaan narkoba. Segera lakukan proses pengobatan bila ada anggota lingkungan yang jatuh dalam penggunaan narkoba.

Tidak ada komentar: